Selasa, 01 November 2011

makalah ISD ilmu pengetahuan, teknologi dan kemiskinan


MAKALAH ISD
ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI DAN KEMISKINAN
                                          
 




                                    







Disusun oleh : Kelompok 10

1.        Defiyanti ismaya (112301183)
2.        Lestari (1123011
3.        Herna Apriyanti  (1123011




         TADRISH BAHASA INGGRIS E SEMESTER 1



INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN


KATA PENGANTAR

          Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT dengan rahmat dan hidayahnya, penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Selawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW.
            Dalam makalah “Konsep dan Ciri Negara Hukum” penulis bermaksud menjelaskan secara detail akan Konsep dan Ciri Negara Hukum. Adapun tujuan selanjutnya adalah untuk memenuhi salah satu syarat tugas mata kuliah PKN.
            Akhir kata tak ada gading yang tak retak, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan penulis dalam menyelesaikan tugas ini.


Penulis,








DAFTAR ISI

Kata Pengantar .....................................................................................................................  i
Daftar Isi ................................................................................................................................  ii
BAB 1 PENDAHULUAN ..................................................................................................... 1
A.     Latar Belakang ............................................................................................................. 1
B.     Rumusan Masalah ........................................................................................................ 1
C.     Tujuan Penulisan .......................................................................................................... 1
BAB 2 PEMBAHASAN ......................................................................................................... 2
A.     Ilmu Pengetahuan ......................................................................................................... 2
B.     Teknologi ..................................................................................................................... 4
1.      Pengertia Teknologi ............................................................................................... 4
2.      Macam-Macam Teknologi ..................................................................................... 6
C.     Kemiskinan .................................................................................................................. 7
D.      Ilmu Pengetahuan, Teknologi Dan Kaitannya Dengan Kemiskinan ......................... 11
BAB 3 PENUTUP  ................................................................................................................ 12
Kesimpulan ................................................................................................................. 12
Daftar Pustaka ...................................................................................................................... 13







BAB 1
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Berbicara tentang ilmu pengetahuan, teknologi dan kemiskinan tidak mustahil kita akan melihat ke masa lampau atau masa depan yang penuh dengan ketidakpastian. Yang mungkin permasalahannya adalah kontinuitas dan perubanhan, harmoni dan disharmoni.
Bahasa “Ilmu Pengetahuan” sudah lazim digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, berbicara tentang pengetahuan saja akan menghadapi berbagai masalah, seperti kemampuan kita dalam memahami fakta pengalaman dan dunia realitas, hakikat pengetahuan, kebenaran, kebaikan, membentuk pengetahuan, sumber pengetahuan dan sebagainya.
Teknologi dalam penerapannya sebagai jalur utama yang dapat menyongsong masa depan, sudah diberi kepercayaan yang mendalam. Dia dapat mempermudah kegiatan manusia, meskipun mempunyai dampak sosial yang muncul sering lebih penting artinya daripada kehebatan teknologi itu.
Kemiskinan sendiri merupakan tema sentral dari perjuangan bangsa, sebagai perjuangan yang akan memperoleh kemerdekaan bangsa dan motivasi fundametal dari cita-cita masyarakat adil dan makmur.

B.     Rumusan Masalah

1.      Apakah yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan ?
2.      Apakah yang dimaksud dengan teknologi ?
3.      Apa arti dari kata kemiskinan ?
4.      Apa kaitannya ilmu pengetahuan, teknologi dan kemiskinan ?

C.     Tujuan Penulisan

1.      Mengetahui definisi dari ilmu pengetahuan.
2.      Memahami arti dari teknologi.
3.      Mampu menjelaskan arti kata kemiskinan.


BAB 2
PEMBAHASAN

A.   Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan (science) adalah pengetahuan (knowledge) yang tersusun dengan sistematis dengan kekuatan pemikiran, pengetahuan mana selalu dapat diperiksa dan ditelaah (dikontrol) dengan kritis oleh setiap orang lain yang ingin mengetahuinya.
Secara umum, Ilmu pengetahuan merupakan suatu pangkal tumpuan (objek) yang sistematis, mentoris, rasional/logis, empiris, umum dan akumulatif. Jadi ilmu pengetahuan adalah sebuah dasar atau bekal bagi seseorang yang ingin mencapai suatu tujuan yang diharapkannya. Tanpa ilmu pengetahuan, manusia tidak bisa mencapai apa yang diinginkannya. Ilmu pengetahuan memberikan setiap manusia ilmu-ilmu dasar untuk melakukan sesuatu. Ilmu pengetahuan bisa dicari dimana saja, tidak hanya dari buku pelajaran saja. Tetapi ilmu pengetahuan juga bisa diambil dari berbagai sumber seperti koran, majalah, televisi, radio, komik sains, ataupun pengalaman seseorang bahkan dari kitab suci. Ilmu pengetahuan dan teknologi dari tahun ke tahun, dari jaman ke jaman, dan dari hari ke hari semakin berkembang pesat. Tidak tidak dapat dipungkiri bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi sangatlah bermanfaat untuk kehidupan kita.  Ilmu pengetahuan haruslah dapat dikemukakan, harus dimegerti secara umum sehingga kita dapat memahami ilmu pengetahuan dengan mudah. Didalam kehidupan kita, kita tidak pernah terlepas dengan manfaat ilmu pengetahuan. Kita manusia memiliki akal pikiran yang merupakan dasar adanya ilmu pengetahuan. Dengan ini pula dapat mempermudah kita untuk melalukan sesuatu atau menghasilkan sesuatu. Ilmu pengetahuan sangatlah berguna bagi kita semua. Hal yang bersifat negatif maupun positif tidak terlepas dari segala sesuatu, begitu pula dengan IPTEK. Teknologi akan berguna jika dimanfaatkan dengan baik. IPTEK tentunya dapat memotivasi masyarakat untuk lebih maju lagi. Karena IPTEK sungguh sangat menarik perhatian. Perkembangan yang terjadi sekarang ini dapat menjadikan masyarakat memiliki pandangan atau wawasan yang lebih luas. Iptek berkembang dengan sendirinya tentunya dengan dikembangkan oleh orang-orang yang berpengalaman. IPTEK sangat lah mudah untuk didapatkan, dimana pun dan kapan pun kita dapat memperolehnya.
      Perumusan tersebut sebetulnya belum sempurna, tetapi yang terpenting adalah perumusan tersebut mencangkup beberapa unsur pokok. Unsur unsur yang merupakan bagian yang tergabung dalam suatu kebulatan, adalah :
a.       Pengetahuan (knowledge) adalah kesan dalam pemikiran manusia sebagai hasil penggunaan panca inderanya yang berbeda sekali dengan kepercayaan, takhayul, dan penerangan penerangan yang keliru. Tidak semua pengetahuan merupakan suatu ilmu hanyalah pengetahuan yang tersusun secara sistematis saja yang merupakan ilmu pengetahuan.
b.       Tersusun secara Sistematis berarti urutan urutan yang tertentu daripada unsur yang merupakan suatu kebulatan, sehingga dengan sistematika tersebut akan jelas tergambar apa yang merupakan garis besar dari ilmu pengetahuan yang bersangkutan. Sistem tadi adalah suatu konstruksi yang abstrak dan teratur. Artinya, setiap bagian dari suatu keseluruhan dapat dihubungkan satu dengan lainya. Abstrak berarti bahwa kostruksi tersebut hanya ada dalam pikiran dan tidak dapat diraba ataupun dipegang. Sistem didalam ilmu pengetahuan harus bersifat terbuka, artinya dapat ditelaan kebenaranya oleh orang lain, harus pula dinamis, artinya sistem tersebut harus menggunakan cara cara yang disesuaikan dengan taraf ilmu pengetahuan pada suatu saat.
c.       Menggunakan pemikiran, maksud dengan pemikiran adalah pemikiran dengan menggunakan otak. Dalam hal ini yang dimaksud adalah : Apabila kembali pada pengetahuan, ternyata pengetahuan tersebut didapatkan melalui kenyataan (fakta) dengan melihat dan mendengar sendiri, serta melalui alat komunikasi, misalnya membaca surat kabar, melihat televisi dan sebagainya. Selanjutnya, ilmu pengetahuan tersebut harus dapat dikemukakan, harus diketahui umum sehingga dapat diperiksa dan dikontrol oleh umum, yang mungkin berbeda fahamnya, dengan ilmu pengetahuan orang tidak boleh merahasiakan segala sesuatunya. Oleh karena itu pada umumnya ilmu pengetahuan dapat dikontrol oleh umum, ilmu pengetahuan selalu berkembang. Apabila ilmu pengetahuan sudah diterima oleh umum, maka ilmu pengetahuan tersebut harus ditujukan pada suatu sasaran tertentu misalnya masyarakat manusia, gejala gejala alam dan sebagainya.
d.       Dapat dikontrol secara kritis oleh orang lain atau umum (obyektif).
Dari sudut penerapanya, ilmu pengetahuan dibedakan sebagai berikut :
1.      Ilmu pengetahuan murni (purescience) bertujuan membentuk dan mengembangkan ilmu pengetahuan secara abstak yaitu untuk mempertinggi mutunya.
2.      Ilmu pengetahuan yang diterapkan (applied science) bertujuan untuk mempergunakan dan menerapkan ilmu pengetahuan tersebut didalam masyarakat dalam mengatasi masalah masalah yang dihadapinya.
Dunia modern saat ini tidak bersikap netral terhadap penyelidikan ilmiyah sebab manusia hidup dalam satu dunia. Hasil ilmu pengetahuan harus membawa manfaat bagi kehidupan manusia, bukan untuk membawa maut dan penderitaan pada umat manusia didunia ini.
Karena itu etika ilmu pengetahuan tetap merupakan salah satu yang memberikan jalan keluar bagi ilmu pengetahuan. Filsafat modern menyatakan bahwa manusia dalam pekerjaan ilmiyahnya harus dengan seluruh eksisitensinya, hati hati, dan denga panca inderanya.

B. Teknologi
1. pengertian Teknologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar